Jumat, 25 Desember 2015

TOK UMBUL, SEJARAH DAN MANFAAT

Tok Umbul adalah sebuah mata air yang keluar dari celahan bongkahan batuan besar yang kemudian ditanamkan beberapa bambu yang sudah dilobangi sehingga air menekan dari bawah ke atas dan terbentuklah pancuran. 
Air ini sudah diteliti dari beberapa laboratorium dan hasilnya sangat layak dikonsumsi tanpa harus dimasak. Air ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut mitos dari sumber yang dipercaya, sebenarnya ada tujuh pancuran Tok Umbul. Namun karena ada setiap hajatan pasti menyelenggarakan pementasan wayang kulit dan di setiap pementasan, pasti ada satu pancuran yang tidak mengalir lagi. Oleh karena itu, semenjak terjadi hal demikian maka tidak boleh lagi ada pementasan wayang kulit. INI NYATA!!!
Fungsi air Tok Umbul sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan air minum. Karena kejernihan air tersebut, banyak orang dari sekitar dusun Ngaropoh bahkan dari luar kota rela mengambil air tersebut beberapa jerigen. Ajaibnya, suhu air selalu berkebalikan dengan hawa sekitar seperti kalau malam airnya terasa hangat dan saat siang terasa dingin dan sejuk.
Tidak jauh dari Tok Umbul terdapat bau besar disebut Watu Jaran / Batu Kuda. Why it's called Watu Jaran? Karena dahulu batu tersebut berbentuk mirip seperti kuda yang sedang merunduk. Tapi sayang ukuran batu sekarang berukuran setengah dari aslinya karena ulah manusia.

1 komentar: